Uang Komisi

Cari Blog Ini

WorldOnkytheoWork

kumpul blogger

Pekan Tenun dan Songket

Dapatkan info di http://www.smescoindonesia.com

Kamis, 25 Februari 2010

Hubungan Pemerintah dan Parlemen

Pemerintah Yakin Pelaku Pasar Tidak Terpengaruh Hasil Pansus Century
Investor Soroti Hubungan Pemerintah dan Parlemen

JAKARTA - Memanasnya kasus Bank Century sempat dikhawatikan bakal mengguncang stabilitas ekonomi dan politik. Namun, pemerintah yakin, pelaku pasar tidak akan terlalu terpengaruh.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini, para pelaku pasar sudah lebih bisa melihat dan mempertimbangkan dengan matang berbagai isu yang terkait dengan ekonomi politik, termasuk kasus Bank Century. ''Saya yakin mereka (pelaku pasar) tetap tenang,'' ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan kemarin (24/2) menanggapi rekomendasi dan pandangan akhir Panitia Khusus Hak Angket Bank Century di gedung DPR, Selasa malam, (23/2).

Menurut Sri Mulyani, spekulasi terkait posisinya sebagai Menteri Keuangan yang bisa saja digeser memang menjadi salah satu isu yang dipantau oleh pelaku pasar. Namun, dia yakin bahwa pelaku pasar bisa melihat bahwa proses kasus Century akan berjalan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku. ''Akhirnya, prosedur dan sistem hukum yang akan menjaga kita semua,'' katanya.

Karena itu, lanjut dia, dengan akuntabilitas dan transparansi yang sudah dijalankan oleh pemerintah dan diawasi oleh publik, maka pelaku pasar bisa melihat dengan jelas bahwa pemerintah telah mengambil kebijakan yang tepat. ''Jadi, mungkin tidak perlu dibesar-besarkan,'' ucapnya.

Ekonom Senior Standard Chartered Fauzi Ichsan mengatakan, sampai saat ini, pelaku pasar maupun investor masih melihat Indonesia dengan kaca mata positif. ''Dari sisi kebijakan fiskal dan defisit APBN yang masih di bawah 3 persen, persepsi investor masih akan potitif,'' ujarnya.

Meski demikian, Fauzi mengingatkan, dalam tiga bulan terakhir, kasus Bank Century sudah menjadi salah satu indikator yang dipantau oleh investor asing, yang melihat hubungan pemerintah dengan parlemen kurang harmonis. ''Karena itu, ribut-ribut soal Century ini mestinya bisa cepat diselesaikan sehingga investor bisa lebih tenang,'' katanya.

Pengaruh kasus Century terhadap kinerja perekonomian juga menjadi perhatian Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Menurut dia, berdasar pertemuan dengan delegasi dagang dari berbagai negara seperti AS, Tiongkok, maupun Eropa, belum ada yang mengkhawatirkan. ''Mereka tetap optimistis Indonesia negara yang sangat diminati saat ini,'' ujarnya.

Hatta menyebut, pelaku usaha baik dari luar negeri maupun yang di dalam negeri masih menunjukkan kepercayaan terhadap perekonomian. Itu terlihat dari tetap positifnya kinerja pasar modal, naiknya cadangan devisa, dan penguatan nilai tukar Rupiah.''Artinya, investor percaya, ekonomi kita stabil dan tidak terpengaruh (kasus Century),'' terangnya.

Meski demikian, lanjut Hatta, pihaknya berharap agar kasus Bank Century bisa segera tuntas, sehingga energi pemerintah tidak tersedot pada masalah tersebut. ''Seharusnya kita fokus untuk memanfaatkan momentum prtumbuhan ekonomi,'' ujarnya. (owi/kim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar