Uang Komisi

Cari Blog Ini

WorldOnkytheoWork

kumpul blogger

Pekan Tenun dan Songket

Dapatkan info di http://www.smescoindonesia.com

Jumat, 26 Februari 2010

7 Kebiasaan Manusia

Agan mungkin sudah pernah membaca buku karangan Stephen Covey yg berjudul 7 Kebiasaan Manusia yg Sangat Efektif, yg juga merupakan salah satu buku best seller international. Jika agan blm pernah membacanya, saya sangat merekomendasikan buku tersebut kepada anda. Buku wajib yang perlu agan miliki jika agan ingin mengembangkan kepribadian agan. Agan bisa mendapatkannya di toko-toko buku favorit agan.

Pada kesempatan kali ini ane akan mensharingkan buat agan kebiasaan-kebiasaan manusia dari sudut pandang yang berlawanan, yaitu 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat TIDAK Efektif.

Tujuh kebiasaan ini harus agan hindari. Mungkin agan sendiri tidak menyadarinya karena sudah menjadi kebiasaan agan sehari-hari.

Apa saja 7 kebiasaan tersebut, mari kita lihat bersama-sama

1. Tidak ’menampakkan diri’

Salah satu hal paling sederhana namun memiliki efek yang sangat besar untuk agan dalam meraih kesuksesan - entah itu dalam kehidupan sosial, karir, keuangan ataupun kesehatan – adalah tampakkan diri anda lebih sering.

Apa maksud ’menampakkan diri’ disini? Ane akan memberikan sebuah ilustrasi : Jika Agan ingin memperbaiki kesehatan agan, maka salah satu hal terpenting dan terefektif adalah anda menampakkan diri di tempat kebugaran sesuai dengan jadwal latihan agan.
Mungkin saat itu cuaca sedang tidak mendukung sehingga agan merasa enggan sekali keluar dari rumah. Namun jika anda tetap memaksakan diri untuk pergi meskipun agan malas, maka anda sudah memperbaiki mental agan jauh lebih cepat dibanding agan hanya duduk di sofa sambil menonton tv.

Ane rasa ini berlaku di semua area dalam hidup agan. Jika agan menulis lebih sering, maka suatu saat agan akan menjadi penulis top dimana hasil tulisan anda akan selalu ditunggu orang untuk dibaca. Jika anda sering bertemu atau berkumpul dengan teman-teman, maka kemungkinan agan bertemu dengan seseorang yang spesial bertambah besar.

Hanya dengan agan ’menampakkan diri’ lebih sering akan membuat sebuah perbedaan yang sangat besar untuk kesuksesan anda. Jika tidak, agan tidak akan pergi kemana-mana.

2. Menunda pekerjaan

Ada 2 kondisi yang menyebabkan seseorang menunda pekerjaannya :

- Pertama, dia memiliki pekerjaan yang sangat menumpuk. Dia bingung apa yang harus dia kerjakan terlebih dahulu. Akhirnya dia tidak mengerjakan apa2

- Kedua, dia hanya memiliki sedikit pekerjaan, sehingga dia berpikir untuk menundanya terlebih dahulu.

Terlepas dari apapun kondisi anda, dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar anda dapat keluar dari kebiasaan menunda ini :

- Lakukanlah tugas terberat dan terpenting terlebih dahulu di pagi hari. Awal yang baik di pagi hari akan membuat momentum yang positif sehingga anda akan menjalani sisa hari anda dengan lebih bersemangat.

- Agan mungkin sering mendengar sebuah joke : bagaimana caranya makan seekor gajah? ….. Jangan memakannya dalam sekali gigit! Jika agan hanya berpikir tugas yang menumpuk sedang menanti agan, kepala agan dpt menjadi penat, akhirnya akan membawa agan pada penundaan. Pecahlah tugas agan menjadi langkah-langkah kecil, dan fokuslah pada langkah pertama. Setelah selesai, agan bisa melanjutkan ke langkah kecil berikutnya.

- Jika agan berpikir untuk menunda pekerjaan karena aga hanya memiliki sedikit pekerjaan, sebaiknya anda mulai berpikir bagaimana jika tiba-tiba anda mendapatkan tugas baru sementara tugas yang lama belum anda kerjakan. Gunakan selalu prinsip : ’lakukan sekarang juga hal-hal yang bisa anda lakukan sekarang’.

3. Anda melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak penting

Kebiasaan lainnya yang tidak produktif, selain menunda, adalah anda menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak penting.
Untuk menghindari hal ini, tuliskan 3 hal penting yang harus anda lakukan setiap hari, entah itu diatas kertas atau di notebook anda, dan mulailah mengerjakannya dari urutan teratas. Meskipun anda hanya sanggup menyelesaikan 1 pekerjaan saja, namun setidaknya agan telah melakukan hal terpenting yang perlu agan lakukan di hari tersebut.

Apapun cara yang anda gunakan dalam mengatur pekerjaan anda, prioritas utama tetaplah menemukan hal-hal terpenting yang perlu agan lakukan setiap harinya. Teknik ini juga merupakan bagian dari manajemen waktu yang efektif, sehingga anda tidak menghabiskan hari-hari agan dengan melakukan hal-hal yang tidak penting. Menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat tetap tidak akan berarti jika agan melakukan hal yang tidak penting.

Saya akan coba memberikan contoh sederhana. Misalkan agan adalah seorang manajer sebuah departemen produksi. Suatu ketika anak buah agan melakukan kesalahan sehingga produk yang dihasilkan mengalami cacat. Mana yang akan agan pilih :

1. Agan bersama anak buah agan memperbaiki produk yang cacat tersebut; atau

2. Agan mencari solusi agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Saya rasa agan sudah menangkap maksud ane mengenai hal yang penting dan tidak penting.

4. Berpikir terlalu lama

Orang yang berpikir terlalu lama, otomatis akan membuatnya kurang mengambil tindakan. Terjebak dalam analisa yang berlebihan dapat membuang waktu-waktu berharga dalam hidup anda. Tidak ada yang salah dengan berpikir sebelum melakukan tindakan, bahkan sangat diperlukan hal semacam itu. Melakukan penelitian, membuat rencana, menggali potensi-potensi keuntungan serta masalah yang mungkin terjadi.

Namun berpikir, berpikir dan terus berpikir adalah cara lain mensia-siakan hidup agan. Agan tidak perlu menganalisa semua hal dari setiap sudut. Agan tidak bisa menunggu waktu yang betul-betul tepat untuk menjalankan aksi agan. Percayalah waktu tersebut tidak akan datang. Agan juga tidak perlu merisaukan bagaimana jika kegagalan menghampiri agan. Jika agan tetap berpikir dan terus berpikir semakin dalam, maka agan akan semakin sulit untuk mengambil tindakan.

Berhentilah berpikir, lakukan sekarang juga apapun yang perlu agan lakukan, pergilah kemanapun anda perlu pergi.

5. Melihat sisi negatif dari setiap hal

Ketika agan melihat segala hal dari sudut yang negatif, maka sebetulnya agan telah menjatuhkan motivasi agan sendiri. Anda menemukan kekurangan dimana-mana dan masalah-masalah yang mungkin tidak betul-betul ada, contohnya ketika agan mencari alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Ane yakin dari sudut yang negatif agan setidaknya akan menemukan 10 alasan.

Contoh yang lain, agan mencari seseorang yang mau mendengarkan keluh kesah agan – padahal sebetulnya tidak ada yang mau mendengarkan keluhan agan – tentang pekerjaan dan kehidupan agan yang menjenuhkan atau atasan agan yang menyebalkan. Ketahuilah bahwa agan akan menciptakan hidup agan sesuai dengan apa yang agan pikirkan dan bagaimana agan memandang lingkungan agan. Jika agan memandang kehidupan agan begitu menjemukan, agan akan memiliki kehidupan yang benar-benar menjemukkan.

Yang perlu agan lakukan tidak lain adalah anda menantang pada diri agan sendiri untuk selalu berpikir positif selama 7 hari kedepan. Lihatlah nanti hasil luar biasa yang akan agan dapat.

6. Keras kepala pada pendirian agan sendiri dan menolak pendapat orang lain

Memang sulit untuk mengakui atau berjiwa besar bahwa pendapat agan bukanlah pilihan yang terbaik. Sehingga agan ngotot pada pendapat agan dan menutup pikiran agan dari pengaruh orang lain. Kondisi ini dapat menyebabkan agan sulit untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih efektif.

Saran utk mengatasi masalah ini adalah agan menyadari bahwa manusia mempunyai batas atas hal-hal yang ia ketahui. agan harus terbuka untuk menerima pelajaran atas kesalahan agan sendiri, kesalahan orang lain atau sumber-sumber lainnya seperti buku.

Ketika otak agan selalu dikosongkan untuk menerima hal-hal baru, secara tidak sadar level anda telah naik ke level yang lebih tinggi, begitu seterusnya. Namun perlu diingat, jangan pula agan terjebak seperti dijelaskan di no.4. Pengetahuan baru yang anda terima, perlu anda terapkan dan coba dalam kehidupan agan, jangan hanya menjadi pengetahuan semata saja.

7. Membiarkan informasi membanjiri otak agan

Kebalikan dari poin 6 diatas, di poin 7 ini anda justru membiarkan seluruh informasi mengalir ke otak agan tanpa penyaringan. Jika agan melakukan ini, maka akan sulit bagi agan untuk berpikir dengan jernih. Beberapa kondisi yang menyebabkan agan seperti ini adalah :

- Banyak informasi yang agan terima adalah negatif. Media-media dan lingkungan di sekeliling agan sering memberikan informasi-informasi negatif, seperti : penipuan, perampokan, pembunuhan, gosip dsb. Jika agan tidak selektif dalam memilih berita, agan dapat terpengaruh secara negatif juga, entah itu secara pikiran, perasaan maupun tindakan.

- Ada suatu dorongan dalam diri agan untuk selalu mengetahui informasi terkini, namun seberapa cepat agan mengikuti perkembangan dengan berbagai alat yang agan miliki, akan selalu ada puluhan bahkan ratusan hal baru yang terjadi yg ga bs agan ikuti. Hali ini justru dapat membuat agan menjadi stress.

Sulit untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan jika otak agan terus dibanjiri dengan informasi-informasi. Bahkan anda dapat terjebak melakukan kebiasaan seperti disebutkan di poin 3. Agan sibuk dan sibuk terus melakukan pekerjaan namun sebetulnya pekerjaan yang tidak penting.

Utk dapat fokus, berpikir jernih & mengambil tindakan, perlu sekali untuk agan menseleksi bahkan jika perlu membatasi akses informasi yang masuk ke otak agan, misalkan ketika agan sedang menyelesaikan suatu pekerjaan, agan melakukan hal-hal seperti : mematikan telepon, internet dan pintu ruangan agan. Agan akan melihat hasil yang menakjubkan ketika anda tidak diinterupsi setiap 10 menit oleh email atau website-website favorit agan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar